News Update | December 21, 2017 at 12:35 AM post by yehabe (view 103)

Keseriusan Pemerintah Kota Manado di bawah kepemimpinan Walikota GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan menghadirkan layanan publik yang responsif serta berbasis berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, termasuk penanggulangan kegawatdaruratan, sekali lagi mendapatkan pengakuan dari Pemerintah Pusat. Dalam bidang pengembangan ICT, prestasi ini terbilang sangat istimewa.

Belum sebulan menyabet Rating Kota Cerdas Indonesia (RKCI) Tahun 2017, Manado Siaga 112 yang dilaunching Rabu, 6 Desember 2017 atau belum genap sebulan oleh Walikota Manado melalui Wakil Walikota, berhasil memperoleh Sertifikat Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia sebagai Kota Penyelenggara . Penghargaan Call Center Award 112 diserahkan pada Rabu, 20 Desember 2017 di Hotel Le Meridian Jakarta, oleh Menteri Kominfo RI, Rudiantara, diterima oleh Walikota Manado diwakili oleh Kepala Dinas Kominfo Kota Manado, Erwin Simson Kontu, S.H.

Kota Manado sendiri menerima Sertifikat bersama Kota Jakarta dan Kota Surabaya yang menyelenggarakan layanan secara mandiri. Bahkan di luar Pulau Jawa, Manado Siaga 112 merupakan satu-satunya penyelenggara layanan call center 112.

Walikota Manado, G.S. Vicky Lumentut ketika menerima laporan dari Kadis Kominfo menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas dukungan pihak kementerian. "Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kota Manado, menyampaikan terima kasih kepada Menteri Komunikasi dan Informatika RI atas penghargaan. Salam damai dan toleran," tulis Walikota Manado melalui WA massanger pada WA Group Manado Smart City, Rabu 20/12. 

Sementara itu, Menteri Kominfo RI, Rudiantara memberi apresiasi kepada Pemkot Manado. "Sertifikat ini diberikan kepada Pemerintah Kota Manado yang telah menyelenggarakan Layanan Nomor Panggilan Darurat Call Center 112 Secara Mandiri. Semoga dapat memberikan contoh bagi Pemerintah Kabupaten/Kota dalam menangani kejadian Gawat Darurat yang terintegrasi," tulis Menteri Rudiantara dalam sertifikat yang ditandatanganinya.

Kadis Erwin Kontu yang ditemui usai menerima penghargaan menyampaikan apresiasi terhadap Kementerian Kominfo khususnya Direktorat Jenderal Pengelolaan dan Pemberdayaan Informatika (PPI) yang telah memberikan sertifikasi kepada Kota Manado sebagai penyelenggara layanan nomor panggilan darurat Call Center 112.

“Inisiatif Call Center 112 sebenarnya lahir sejak awal kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota pasca pelantikan Mei 2016 lalu. Dalam kegiatan Rakorev Baseline Kepemimpinan pada Juni 2016, Walikota GS Vicky Lumentut sudah menugaskan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan untuk mempersiapkan hadirnya sebuah unit pengembangan layanan publik berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Atas inisiatif dan penugasan ini, Wakil Walikota mempersiapkan layanan Call Center sebagai bagian integral dari Cerdas Command Center sebagai integrasi model layanan Jakarta Smart City, Bandung Command Center, dan Surabaya Single Window. Secara kontinyu kami memang mendapatkan pembimbingan dari Direktorat Jenderal PPI Kementerian Kominfo yang menyediakan fasilitas trainning dan peralatan. Hanya saja, kesiapan sistem Cerdas Command Center telah menghasilkan penilaian terhadap kemandirian Kota Manado dalam mengoperasikan Manado Siaga 112,”ujar Kontu.